. .

time is money

Cladding GRC Relief Kaligrafi

RELIEF adalah salah satu produk material dekoratif pahatan yg menampilkan perbedaan kedalaman bentuk dan gambar dari permukaan rata di sekitarnya atau bisa dikatakan sebagai gambar timbul semi 3 dimensi.

Bentuk dan motif relief sendiri sangat bermacam-macam mulai dari motif natural, dekoratif, tematik, abstrak maupun kaligrafi. Fungsi relief sendiri bisa bermacam-macam, akan tetapi pada dasarnya relief digunakan sebagai elemen dekoratif sebuah bangunan. Pada jaman dahulu relief biasa diaplikasikan pada bangunan peribadatan seperti pada candi, kuil, piramid, dan masjid atau bangunan-bangunan lain baik untuk sarana peribadatan dan perumahan. Pada masa kuno kerajaan nusantara, aplikasi relief mencapai puncak kejayaannya dimana relief bertema agama maupun kisah-kisah ramayana dipahatkan pada bangunan monumental seperti candi Borobudur, candi Prambanan dsb. Pada saat ini fungsi relief jadi sangat luas hingga merambah ke dunia seni murni (rupa).


Sebagai produsen produk GRC, kamipun ingin mengaplikasikan seni relief kedalam produksi beton pracetak yang dalam hal ini kami menggunakan sistem cetak GRC (Glassfiber Reinforce Cement). Pada eksperimen kami yang pertama, kami memilih motif kaligrafi dengan mengangkat surat Al-Ikhlas dari Al-Qur'an yang ditulis dengan seni Khat Kufi (Khat kufi adalah nisbah atau sandaran kepada Bandar Kufah yang terletak di Iraq, ia diantara khat yang terawal muncul dan digunakan secara meluas untuk penulisan al-Quran suatu ketika dahulu sebelum kemunculan khat nasakh. Selepas pembukaan Iraq oleh Saad bin Abi Waqqas ketika Pemerintahan Saidina Umar Al-Khattab tahun ke 18 Hijrah, pusat pemerintahan Islam berpindah dari madinah ke Iraq dan terikut bersama dua jenis tulisan yang dikenali dengan Makki dan Madani ke Basrah dan Kufah. Khat ini dipelajari oleh penduduk-penduduk Iraq dan mereka menggelarnya dengan khat Hijazi yang mempunyai dua ciri yang berlainan.)


 
GRC RELIEF KALIGRAFI ini kami buat bertujuan untuk bisa digunakan sebagai elemen cladding dekoratif baik untuk eksterior maupun interior sebuah masjid, meskipun tidak menutup kemungkinan digunakan sebagai elemen dekoratif pada bangunan hunian/rumah, hotel atau bahkan fasilitas lain yang masih bernuansa islami.

Selain bermotif kaligrafi, kami juga bisa melayani pesanan GRC cladding relief dalam berbagai ukuran dan berbagai desain/motif seperti motif zellij khas maroko, motif timur tengah, motif-motif yang berasal dari berbagai daerah di seluruh nusantara bahkan jika ada yang menginginkan motif natural sekalipun kami siap memproduksinya dengan teknik cetak beton GRC. Jikalau ada pembaca budiman yang berminat memesannya silahkan hubungi kami via telepon atau email yang tertulis pada weblog kami tercinta ini.





*mohon maaf kami menemukan plagiator yang hanya mengcopy-pastekan isi dari postingan ini ke web/blog lain yang dibuatnya.



www.grcartikon.co.id

Fine-Art of GFRC Products

Marketing Office:
*Ruko Terminal Mojoagung Blok A-5 Mojotrisno, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61248, Indonesia 


 Workshop:
*Jl. Wonoayu Gg. Sawahan 99, Dukuh Mojo, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur 61482

 

Contact Person :
Moh. Beny Adam
telp :
0321-490505

081333311500
081233332230